Jumat, 12 September 2014

EKSIS Modul Pintar : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (untuk SMA/SMK/MA)

BAB 1
Pelanggaran HAM dalam rangka Perlindungan, Pemajuan, dan Pemenuhan HAM

UJI KOMPETENSI
   I.         
1.     Hak asasi manusia merupakan hak dasar yang dimiliki oleh ....
a.    Setiap manusia sebagai makhluk sosial dalam kehidupan
b.    Setiap manusia sebagai anugrah Tuhan yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir
c.    Setiap manusia sebagai anugrah Tuhan yang melekat pada diri manusia
d.    Kelompok manusia sebagai yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir
e.    Setiap manusia yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir
2.    Bidang-bidang hak asasi pribadi manusia dalam kehidupan beragama adalah ....
a.    Kebebasan untuk beribadah
b.    Kebebasan memiliki sesuatu
c.    Kebebasan partai politik
d.    Kebebasan mendapat pendidikan
e.    Kebebasan perlakuan tata cara peradilan
3.    Yang tidak mencerminkan sikap menghormati harkat dan martabat manusia dalam kalimat-kalimat di bawah ini, kecuali ....
a.    Mengakui persamaan derajat, persamaan hak, dan persamaan kewajiban antara sesama manusia
b.    Bersikap patriotisme dalam perjuangan
c.    Saling mencintai sesama manusia
d.    Mengembangkan sikap tenggang rasa
e.    Tidak semena-mena terhadap orang lain
4.    Kemerdekaan memeluk agama dam kebebasan menyatakan pendapat merupakan bentuk hak asasi ....
a.    Politik
b.    Sosial dan budaya
c.    Pribadi
d.    Persamaan hukum
e.    Perlindungan hukum
5.    Melalui PBB Indonesia dapat berperan aktif memperjuangkan persamaam derajat, hak dan kewajiban antara sesama manusia. Peranan tersebut dapat disimpulkan dari sikap Indonesia ....
a.    Mengutuk fakta pertahanan
b.    Tidak berhubungan dengan negara penjajah
c.    Menetang program nuklir negara-negara penjajah
d.    Membantu korban bencna alam di Afrika
e.    Mengutuk politik apartheid dan semua pelanggaran HAM
6.    Sebagai bangsa yang percaya atas kekuatan sendiri, sebaiknya kita berpendirian ....
a.    Tidak perlu kerja sama regional
b.    Aktif terhadap segala kerja sama
c.    Campur tangan negara lain dalam memecahkan masalah
d.    Masalah di Indonesia hendaknya diselesaikan doleh bangsa Indonesia
e.    Semua masalah kita selesaikan dengan bantuan orang lain
7.    Dalam UU No 39 Tahun 1999 tentang HAM lebih mengedepankan tanggung jawab perlindungan (protect), pemajuan (promote), penghormatan (respect), dan ....
a.    Kesejahteraan
b.    Penegasan
c.    Penegakkan
d.    Pemenuhan
e.    Kesetiaan
8.    Seiring dengan kemajuan zaman, kebutuhan masyarakat akan pemenuhan HAM semakin berkembang dan bertambah. Masyarakat memiliki peran untuk ....
a.    Melaporkan kejahatan yang dilihatnya
b.    Mengusulkan pembuatan kebijakan terkait HAM
c.    Melakukan penelitian, pendidikan, dan menyebarluaskan informasi mengenai HAM
d.    Mengajukan usulan mengenai perumusan yang berkaitan dengan HAM
e.    Menyerahkan tanggung jawab perlindungan HAM kepada pemerintah
9.    Upaya pemajuan dan perlindungan hak-hak asasi manusia di Indonesia dilakukan berdasarkan prinsip ....
a.    Kepribadian
b.    Keseimbangan
c.    Kesederhanaan
d.    Kebersamaan
e.    Keadilan
10. RANHAM Indonesia disusun untuk menjamin peningkatan penghormatan, pemajuan pemenuhan dan perlindungan HAM di Indonesia dengan mempertimbangkan nilai-nilai agama, adat-istiadat dan budaya bangsa Indonesia yang berdasarkan ....
a.    Pancasila
b.    UUD 1945
c.    Pancasila dan UUD 1945
d.    UU No. 39 Tahun 1999
e.    UU No. 32 Tahun 2003
11.  Demokrasi pancasila dengan musyawarah dan mufakatnya memberikan nilai tinggi terhadap HAM. Pernyataan diatas sesuai dengan ....
a.    Sila pertama Pancasila
b.    Sila kedua Pancasila
c.    Sila ketiga Pancasila
d.    Sila keempat Pancasila
e.    Sila kelima Pancasila
12. Kesadaran kebangsaan Indonesia lahir dari keinginan untuk bersatu sebagai suatu bangsa, lahir dari sikap yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan suku, golongan, partai, dll. Pernyataan diatas sesuai dengan ....
a.    Sila pertama Pancasila
b.    Sila kedua Pancasila
c.    Sila ketiga Pancasila
d.    Sila keempat Pancasila
e.    Sila kelima Pancasila
13. Penyimpangan-penyimpangan dalam penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, pelanggaran HAM masalha bangsa yang ditimbul dalam era reformasi sekarang dan pengaruh kehidupan global seperti dibawah ini, kecuali ....
a.    Kolusi
b.    Korupsi
c.    Nepotisme
d.    Penyalahgunaan wewenang
e.    Krisis ekonomi
14. Tidak akan membedakan manusia dalam memperlakukan dan mengakui harkat dan martabatnya baik karena perbedaan kulit, suku, jenis kelamin, agama, dan lain-lain. Merupakan pengamalan sila ke ....
a.    Sila ketuhanan yang maha esa
b.    Sila kemanusiaan yang adil dan beradab
c.    Sila persatuan Indonesia
d.    Sila kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan
e.    Sila keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
15. Kebebasan dalam memilih pendidikan, dam untuk mengembangkan diri termasuk hak asasi bidang ....
a.    Hak-hak asasi sosial dan kebudayaan
b.    Hak-hak asasi pribadi
c.    Hak-hak asasi politik
d.    Hak-hak asasi ekonomi
e.    Hak-hak asasi perlakuan hukum
16. Penyelesaian kasus pelanggaran HAM yang berat yang terjadi sebelum diundangkan UU No. 26 Tahun 2000 selain melalui pengadilan HAM Ad Hoc juga bisa melalui ....
a.    Pengadilan HAM
b.    Mahkamah Agung
c.    Mahkamah Konstitusi
d.    Komnas HAM
e.    Komisi Kebenaran dan Rekonsiliasi
17. Penanganan kasus pelanggaran HAM berat di Sampit dilakukan oleh ....
a.    Mahkamah Internasional
b.    Pengadilan HAM
c.    Komnas HAM
d.    Pengadilan HAM Ad Hoc
e.    Komisi Rekonsiliasi
18. Pengadilan yang memeriksa, mengadili, dan menulis pelanggaran HAM yang berat yang terjadi sebelum berlakunya UU No. 26 Tahun 2000 adalah ....
a.    Pengadilan HAM
b.    Pengadilan HAM Ad Hoc
c.    Pengadilan Negeri
d.    Pengadilan Tinggi
e.    Pengadilan Militer
19. Berikut ini perilaku menerima dan melaksanakan hak-hak asasi manusia adalah ....
a.    Mengakui adanya kebebasan berserikat dan berkumpul dan menjalankannya
b.    Bertanggung jawab atas diri sendiri dan TYME
c.    Bertanggung jawab atas kewajiban hidupnya
d.    Mengakui adanya sumber hak asasi
e.    Mempertanggungjawabkan kepada negara
20.Pelaksanaan penegakkan HAM disesuaikan dengan ....
a.    Hukum
b.    Peraturan pemerintah
c.    UU
d.    Piagam HAM sedunia
e.    Bill of right
 II.         
1.     Jelaskan arti yang terkandung tentang prinsip keseimbangan!
2.    Sebutkan 6 program utama RANHAM kedua pada tahun 2004-2009!
3.    Jelaskan makna HAM yang terkandung dalam sila Ketuhanan Yang Maha Esa!
4.    Jelaskan makna HAM yang terkandung dalam sila Kemanusiaan Yang Adil dan Beradab!
5.    Jelaskan makna HAM yang terkandung dalam sila Persatuan Indonesia!
6.    Jelaskan makna HAM yang terkandung dlam sila Kerakyatan Yang Dipimpin Oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan/Perwakilan!
7.    Jelaskan makna HAM yang terkandung dalam sila Keadilan Sosial Bagi Seluruh Rakyat Indonesia!
8.    Sebutkan prinsip yang terkandung dalam sila kedua Pancasila menjadi landasan untuk berperilaku terhadap sesama menurut Harkristuti Harkrisnowo!
9.    Apa yang dimaksud dengan pengertian manusia beradab?
10. Sebutkan butir penolakan pemerintah Orde Baru terhadap konsep Universal HAM!

JAWABAN
    I.         
1.     b. Setiap manusia sebagai anugrah Tuhan yang melekat pada setiap diri manusia sejak lahir
2.    a. Kebebasan untuk beribadah
3.    d. Mengembangkan sikap tenggang rasa
4.    c. Pribadi
5.    d. Membantu korban bencana alam di Afrika
6.    d. Masalah Indonesia hendaknya diselesaikan oleh bangsa Indonesia
7.    c. Penegakkan
8.    d. Mengajukan usulan mengenai perumusan yang berkaitan dengan HAM
9.    b. Keseimbangan
10. d. UU No. 39 Tahun 1999
11.  d. Sila keempat Pancasila
12. c. Sila ketiga Pancasila
13. e. Krisis ekonomi
14. b. Sila kemanusiaan yang adil dan beradab
15. a. Hak-hak asasi sosial dan kebudayaan
16. a. Pengadilan HAM
17. b. Pengadilan HAM
18. a. Pengadilan HAM
19. a. Mengakui adanya kebebasan berserikat dan berkumpul dan menjalankannya
20.c. UU

 II.         
1.     Prinsip keseimbangan mengandung pengertian bahwa di antara hak-hak asasi manusia perorangan dan kolektif serta tanggung jawab perorangan terhadap masyarakat dan bangsa memerlukan keseimbangan dan keselarasan.
2.    Enam program utama RANHAM kedua Tahun 2004-2009, yaitu :
·         Pembentukan dan penguatan institusi pelaksana RANHAM
·         Persiapan ratifikasi instrumen HAM internasional
·         Persiapan harmonisasi peraturan perundang-undangan
·         Diseminasi dan pendidikan HAM
·         Penerapan norma dan standar HAM
·         Pemantauan, evaluasi, dan pelaporan
3.    Bahwa setiap orang dijamin untuk melakukan ibadah menurut agama dan keyakinan masing-masing.
4.    Bahwa setiap orang berhak dperlakukan secara pantas, tidak boleh disiksa dan dihukum secara sewenang-wenang, tidak boleh dihina atau diperlakukan secara melampaui batas, ia berhak untuk dianggap tidak bersalah sampai dibuktikan kesalahannya menurut UU.
5.    Persatuan Indonesia atau kesadaran kebangsaan Indonesia lahir dari keinginan untuk bersatu sebagai suatu bangsa, lahir dari sikap yang mengutamakan kepentingan bangsa di atas kepentingan suku, golongan, partai, dan lain-lain.
6.    Hak mengeluarkan pendapat, hak berkumpul dan berapat, hak ikut serta dalam pemerintahan dan jabatan-jabatan negara, memerdekakan pers dan sebagainya.
7.    Keadilan sosial berwujud hendak melaksanakan kesejahteraan bagi seluruh anggota masyarakat, ini berarti bahwa setiap orang dapat menikmati kehidupan yang layak sebagai manusia yang terhormat, setiap orang berhak mendapat nafkah dan jaminan hidup yang layak dalam lapangan ekonomi dan sosial dengan saling harga-menghargai dan bantu-membantu.
8.    Yang pada dasarnya antara lain :
§  Setiap individu memiliki kebebasan mendasar yang dijamin negara dan hanya dibatasi oleh kebebasan orang lain
§  Setiap individu harus diberlakukan sama oleh negara tanpa melihat asal-usul biologis maupun sosialnya
§  Hak atas hidup yang berkualitas, hak atas rasa aman dari ancaman, serangan atau derita apapun dimiliki oleh setiap individu
§  Setiap individu harus dilindungi dan berhak untuk tidak disiksa secara psikis maupun psikologis dan pejabat publik
9.    Pengertian manusia beradab adalah manusia yang memiliki daya cipta, rasa, karsa dan iman, sehingga nyatalah bedanya dengan makhluk lain.
10. Diantara butir penolakan pemerintah Orde Baru terhadap konsep unversal HAM adalah :
Ø  HAM adalah produk pemikiran barat yang tidak sesuai dengan nilai-nilai luhur budaya bangsa Indonesia yang tercermin dalam Pancasila
Ø  Bangsa Indonesia sudah terlebih dahulu mengenal HA sebagaimana tertuang dalam UUD 1945 yang lahir lebih dahulu dibandingkan dengan Deklarasi Universal HAM

Ø  Isu HAM sering kali digunakan oleh negara-negara barat untuk memojokkan negara yang sedang berkembang seperti Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar